Whatsapp Message

Pada dasarnya, baik sunscreen dan sunblock merupakan tabir surya yang berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, kedua pelindung ini ternyata perbedaan yang cukup jelas.

Cara kerja

Salah satu hal yang membedakan antara sunscreen dan sunblock adalah cara kerja. Keduanya memang dapat melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi dengan mekanisme yang berbeda.

 

Mekanisme perlindungan sunscreen

Sunscreen adalah losion tabir surya yang dapat menembus dan diserap oleh kulit sebelum sinar UV mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Namun, jenis pelindung matahari ini biasanya hanya bertugas melindungi kulit dari sinar UVB.

Cara kerja sunblock

Sunblock adalah tabir surya yang dapat menghalau dan memantulkan sinar matahari dari kulit. Berkat kandungan titanium dioksida atau seng oksida di dalamnya, sunblock dinilai efektif melindungi kedua jenis ultraviolet, yaitu UVA dan UVB.

 

Anda tetap dapat menggunakan salah satu di antara kedua produk ini karena sama-sama memberikan perlindungan. Hanya saja, Anda mungkin perlu melihat apakah tabir surya yang dipilih menawarkan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.

Kandungan zat di dalam produk

Selain mekanismenya, perbedaan lain antara sunscreen dan sunblock yaitu kandungan zat di dalamnya.

 

Kandungan sunscreen

Bila dilihat dari segi tekstur karena bahan di dalamnya, perbedaan antara sunscreen dan sunblock cukup terlihat oleh mata Anda. Sunscreen memiliki berbagai senyawa kimia yang bertugas menyerap sinar matahari, seperti oxybenzone atau avobenzone.

 

Sayangnya, kedua bahan aktif ini bisa memicu reaksi alergi pada orang yang memiliki alergi terhadap PABA (asam para-aminobenzoic).

 

Meski begitu, sunscreen memiliki tekstur yang lebih tipis dan tidak terlihat oleh mata saat diaplikasikan. Ini yang membuat beberapa orang memilih sunscreen dibandingkan sunblock walaupun tingkat konsistensi dan bahan di dalamnya dapat memicu alergi.

 

Bahan dalam sunblock

Kebanyakan sunblock yang beredar di pasar mengandung titanium oksida atau seng oksida. Kedua senyawa aktif ini menghasilkan tekstur yang lebih tebal dengan warna yang lebih buram.

 

Beberapa orang menganggap bahwa tekstur sunblock ini menyulitkan mereka mengoleskan losion secara merata. Selain itu, warna buram dari sunblock akan terlihat setelah diaplikasikan pada kulit sehingga membuat sebagian orang kurang suka jenis ini.

 

Kabar baiknya, sudah banyak sunblock yang kini memiliki warna yang hampir tak tampak. Sebagai contoh, sunblock untuk anak hanya mengandung salah satu dari senyawa aktif di atas sehingga tidak tampak pekat.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih tabir surya

Setelah mengenali apa saja perbedaan sunblock dan sunscreen, tentu ada yang perlu diperhatikan ketika memilih salah satu di antara keduanya.

 

Periksa label sebelum membeli

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih antara sunscreen atau sunblock adalah membaca label produk. Metode ini perlu dilakukan bila Anda ingin menghindari produk yang mengandung pewangi atau minyak dalam tabir surya.




Connect with Us

carla skin clinic © 2022 all rights reserved